Cara Sederhana Menulis Sesuai Karakter Mesin Pencari

Cara Sederhana Menulis Sesuai Karakter Mesin Pencari. Menulis merupakan aktivitas utama seorang blogger sejak pertama kali dia memiliki sebuah blog, sebab tana adanya konten berupa tulisan maka sama saja blog tersebut kosong tanpa isi. Seperti yang pernah kita bahas dalam Cara Memulai Membuat Blog yang baik , bahwa setiap blog yang kita buat harus mempunyai tujuan yang jelas, nah begitu juga ketika kita akan memulai membuat sebuah artikel di blog. Secara umum memnulis di blog sama saja ketika kita menulis di word, tidak ada bedanya sama sekali, tetapi ada hal-hal tekhnis ang harus diperhatikan dalam susunan tulisan yang kita buat.
Ada banyak cara dan trik cara menulis yang seo Freindly, maksunya adalah menulis secara khusus untuk mudah terindek di google, menulis sesuai kaidah mesin pencari tidaklah terlalu rumit dalam dunia seo, hanya saja kebanyakn blogger khususnya pemula kurang memperhatikan masalah ini, mereka beranggapan yang penting menulis dengan konten yang berkualitas, tanpa copy paste itu sudah cukup, padahal tidak sesederhana itu ada beberapa faktor yang harus juga mereka perhatikan. Untuk itu disini kami mencoba mengulas secara singkat dan sederhana bagaimana cara menuluis sesuai karakter mesin pencari atau bianya kita kenal dengan istilah seo friendly :
1. Membuat Judul yang mengandung kata kunci
Disini hendaknya judul yang kita buat adalah kata kunci yang kita bidik, atau dalam bahasa seonya Long tail keword, posisi longtail ini ada pada judul artikel yang kita buat, ada banyak yang berpendapat judul artikel tidak lebih dari 70 karakter/ huruf, sederhananya menurut kami judul artikel yang mengandung kata kunci tidak melebih 7 suku kata misalnya seperti pada judul artikel ini : Cara – Sederhana – Menulis – Sesuai – Karakter – Mesin – Pencari, artinya disini kami menempatkan judul tersebut pada kata kunci long tail.
2. Membuat tulisan asli minimal 450 kata
Apakah mesti tulisan asli ? tidak juga kalaupun harus ada referensi atau mengutip dari pihak ketiga sebaiknya ditulis ulang tanpa copas dengan memberikan variasi tulisan agar tidak sama dengan bahan yang kita ambil, dan ada baiknya mencantumkan link sumbernya dengan atribut NOFOLLOW..
3. Memberikan kata kunci yang bervariasi dan relevan dalam setiap paragaf tulisan
Pada setiap paragraf kita memasukkan minimal 2 kata kunci short tail atau kata kunci pendek yang sesuai dengan isi konten dan judul artikel dengan memberikan tanda tebal, miring atau garis bawah sebagai tanda penekanan pada kata kunci yang kita bidik.
4. Memberikan umpan balik tautan pada artikel sebelumnya yang sesuai dengan isi artikel
Disini kita mengupayakan ada hubungan timbal balik antara artikel yang pernah kita tulis sebelumnya dengan artikel yang kta buat saat ini,perhatikan artikel ini pada paragraf pertama, disintu ada linik dengan anchor text yang menuju pada artikel sebelumnya.
5. Membuat URL artikel sesuai dengan Judul tulisan yang kita buat
Pada tahap ini bagi pengguna blogspot bisa mengedit tautan pada menu posting di sebelah kanan, klik menu TAUTAN PERMANEN, masukkan judul artikel secara penuh di tautan dengan diselingi tanda – (perhatikan alamat url pada artikel ini ), untuk pengguna wordpress, link url akan otomatis tersusun sendiri sesuai dengan judl artikel.
Mungkin itu saja yang bisa kami bahas, tulisan diatas lebih dikhususkan pada sobat blogger yang masih pemula, walaupun masih banyak cara menulis yang seo friendly, ada baiknya untuk tahap awal dalam menulis blog tidak terlalu melakukan over optimasi pada tulisan karena jika blog yang kita buat belum mempunya modal backlink yang cukup, akan percuma kedepannya. Jadi ada baiknya bagi pemula untuk mencoba Cara Sederhana Menulis Sesuai Karakter Mesin Pencari

4 thoughts on “Cara Sederhana Menulis Sesuai Karakter Mesin Pencari

  1. Salam kenal

    Saya setuju dgn pendapat anda, kata kunci yg panjang lebih berpwluang msk page one.

    Biasanya saya riset dulu keyword populer, trus nulis yg fresh dan unik, kayak gaya locak gitu.

    Pis bro

  2. terima kasih sob, longtail keyword memang punya peluang yang mampu menarik goglebot untuk merayapi dan mereferensikan artikel yang kita tulis, walapun kadang ada juga yang salah dalam membuat judul yang ternyta tidak mengunakan bahasa yang formal, dalam artian lebih pada upaya menarik pengunjung untuk mengklik judulnya sepeti yang bisa kita liat di facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *